Minggu, 01 Januari 2012

KILAS BALIK TELEKOMUNIKASI 2011: Mulai Dari Steve Jobs Hingga Nasib Domain .Id

Large_bts__5_
Kilas balik industri telekomunikasi sepanjang 2011 adalah sebagai berikut:

Januari
- Pemerintah menetapkan tarif interkoneksi baru dengan penurunan seluler berkisar 3%-9%, tarif     interkoneksi PSTN sebesar 1%-8%, dan telepon tetap bergerak 1%-25%. Tarif SMS masih menggunakan skema sender keep all (SKA).
- Adanya keberatan dari operator, terutama operator kecil, dan pengguna telekomunikasi terkait  rendahnya penurunan tarif interkoneksi, karena seharusnya penurunannya bisa lebih dari 40%.
- Adapun protes dari operator besar adalah karena penurunannya terlalu besar, bahkan kalau bisa tidak turun sama sekali.
- Terungkapnya kasus bocornya data 25 juta nomor pelanggan telekomunikasi ke pihak ketiga, seperti bank, kredit tanpa agunan (KTA) yang menawarkan penawaran promosi melalui pesan singkat (SMS).
- Operator membantah sebagai pihak yang membocorkan data pelanggan. Maraknya SMS spam bisa jadi dipicu oleh aturan sender keep all (SKA) pada penarifan SMS.
- PT Telkom Tbk kembali melirik StarOne setelah beberapa waktu yang lalu pernah membahas rencana pembelian layanan FWA tersebut dengan manajemen Indosat.
- Operator seluler menilai kehadiran 4 operator mobile satellite di Indonesia, PSN (ACeS), PT Dini Nusa Kusuma, Thuraya lewat PT SOG Indonesia, dan Iridium lewat PT Amalgam, bukan merupakan ancaman bagi bisnisnya.
- Indonesia diketahui kehilangan potensi kehilangan pajak dari biaya hak penggunaan (BHP) frekuensi sebesar Rp2,4 triliun setiap tahun karena penguasaan yang besar untuk satelit broadcasting sebesar 150 MHz di pita 2,5 GHz.
- Asosiasi Kliring Telekomunikasi (Askitel) mengungkapkan trafik telekomunikasi sepanjang tahun lalu tercatat 17,8 miliar panggilan, turun 11,8% dibandingkan dengan 2009 sebanyak 19,9 miliar panggilan.


Februari
- Masalah SMS Spam mulai dapat perhatian DPR. Komisi I DPR-RI mendesak BRTI untuk bisa menghentikan pengiriman SMS Spam dan menyelidiki isu kebocoran 25 juta data pengguna telekomunikasi.
- Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) akan mengkonfrontir operator telekomunikasi dengan penyebar data pelanggan untuk mengetahui dalang pembocoran data penyebar SMS spam yang meresahkan masyarakat.
- Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) menilai promosi tarif Rp0 yang dilakukan operator telekomunikasi seluler mengarah kepada predatory pricing dan bisa dikategorikan ke dalam persaingan tidak sehat.
- BRTI yang awalnya hanya di bawah Ditjen Postel, kini lembaga itu di bawah dua lembaga eselon 1, yaitu Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Direktorat Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika. Jumlah anggotanya juga berubah jadi 9 orang.
- Tunggakan BHP Smart Telecom yang mencapai Rp1 triliun dibahas oleh DPR. DPR desak Kemenkominfo menuntaskan hal itu.
- Rencana Kemenkominfo untuk mengadakan dana membangun TIK atau ICT Fund akhirnya mendapatkan sinyal positif dari Bappenas dan Kementrian Keuangan.
- Operator fixed wireless access (FWA) belum bisa menyelenggarakan layanan seluler meski biaya hak penggunaan (BHP) frekuensi berbasis pita sudah mulai diberlakukan secara bertahap.
- PT Indosat Tbk akan merampingkan organisasi perusahaannya melalui restrukturisasi manajemen baik di pusat, regional, cabang atau pun representatif.
- Rencana PT Indosat Tbk spin off unit usaha StarOne sedikit terhambat, karena Indosat tidak bisa menjual StarOne begitu saja tanpa izin dari Kemenkominfo dan KPPU.
 

Maret
- Kasus VoIP ilegal kembali menghangat setelah tertangkapnya dua mantan pejabat salah satu operator incumbent dalam kaitan penyalahgunaan sistem percakapan suara dengan VoIP yang merugikan negara sekitar Rp44,9 miliar.
- BRTI diminta menyelidiki layanan SLI yang menggunakan VoIP atau menyelenggarakan VoIP tanpa lisensi ITKP.
- Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI) menilai implementasi voice over Internet protocol (VoIP) untuk sambungan telepon domestik dan internasional sudah tidak perlu dipersoalkan mengingat harganya sudah sama.
- Kementerian BUMN mendorong PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) untuk membeli saham SingTel di anak usahanya, PT Telkomsel.
- Lisensi seluler yang diajukan oleh PT Bakrie Telecom Tbk (BTEL) sejak Mei tahun lalu menggantung nasibnya walaupun hasil pleno Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) telah menyetujui pemberian izin.
- Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyambut baik kebijakan telekomunikasi yang mengarah kepada IP Based dan mendesak pemerintah agar mengizinkan PJI menjadi operator.
- Masyarakat Pedagang Pulsa Indonesia (MPPI) menolak kebijakan baru operator seluler yang memberlakukan sistem kluster dalam distribusi pulsa elektrik karena merugikan pedagang kecil.

April
- Indosat mengimplementasikan HSPA+, XL menyiapkan LTE
- Pemerintah mulai mensosialisasikan white paper BHP berbasis pita setelah penerapan Biaya Hak Penggunaan (BHP) frekuensi berbasis izin stasiun radio (ISR) mulai menuai polemik.
- Pemerintah memandang pentingnya broadband dan mulai menyadari pentingnya Broadband dengan memasukkan National Broadband Plan (NBP) ke dalam 23 kajian pembangunan enam koridor ekonomi.
- Nurul Yakin Setiabudi ditetapkan sebagai anggota Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) yang baru dari wakil masyarakat melengkapi delapan anggota sebelumnya, sebagai bagian dari restrukturisasi di tubuh Kemenkominfo.
- Regulator kembali didesak untuk mengaudit jaringan telekomunikasi milik operator sambungan langsung internasional (SLI), apakah sudah sesuai dengan regulasi yang ada.
- PT Bakrie Telecom Tbk akhirnya mendapatkan izin prinsip penyelenggaraan seluler melalui Kepmenkominfo No. 130/KEP/M.KOMINFO/4/2011 tentang Izin Prinsip Penyelenggaraan Seluler PT Bakrie Telecom Tbk.

Mei
- Isu vendor asal Israel kembali berhembus setelah Telkomsel akhirnya memilih solusi  customer elationship management (CRM) dari Amdocs, asal Israel, senilai Rp1,2 triliun.
- PT First Media Tbk mengantongi persetujuan pemegang saham untuk bekerja sama dengan CVC Capital Partners senilai Rp2,35 triliun di PT Link Net, di mana CVC mengantongi 49% saham Link Net.
- PT Bakrie Telecom Tbk menunggu keputusan Kementerian Komunikasi dan Informatika yang akan merevisi perhitungan komitmen pembangunan sebagai operator seluler baru.
- Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) akan mengkaji kembali kebijakan mengenai sambungan langsung internasional dan network access provider (NAP).
- PT Bakrie Telecom Tbk menilai PT Telkom Tbk seharusnya sudah membuka kode akses sambungan langsung jarak jauh (SLJJ) di wilayah DKI Jakarta mengingat di wilayah itu pangsa pasar Esia sudah di atas 30%.
- Research in Motion, produsen BlackBerry, menjajaki kerja sama dengan komunitas dan pengembang konten lokal di Indonesia dalam pengembangan aplikasi dan konten mobile.
- Indonesia Telecommunication User Group (Idtug) mendorong terbentuknya organisasi pengguna telekomunikasi di kawasan Asean.

Juni
- Pengiriman pesan pendek melalui ponsel (SMS) yang berisikan promosi atau penipuan kembali marak sehingga membuat resah pengguna layanan telekomunikasi.
- Bisnis penyewaan menara mulai bergairah. PT Tower Bersama Infrastructure Tbk, yang  memiliki dan mengoperasikan lebih dari 3.370 site dengan lebih dari 5.085 penyewa itu mengakuisisi 100 % kepemilikan saham PT Mitrayasa Sarana Informasi (Infratel).
- Pemerintah didesak mengimplementasikan regulasi dengan memaksa pemain global menghadirkan pusat data (Data Center) di negeri ini.
- PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) mulai merealisasikan langkah untuk membeli kembali saham (buy back) Telkomsel di Singapore Telecom (SingTel) dengan membuka komunikasi negosiasi ke operator asal Singapura itu.
- Tarif ritel telekomunikasi diduga turun sekitar 18% setelah semua operator telekomunikasi menyampaikan daftar penawaran interkoneksinya.

Juli
- Kemenkominfo mulai mendesak Telkomsel untuk pindah dari kanal 3G yang ditempatinya agar penataan di frekuensi 2,1 GHz berjalan lancar.
- Telkom tengah mengaji untuk memborong pengerjaan semua proyek pembangunan serat optik di kawasan timur Indonesia yang dikenal dengan nama Palapa Ring untuk memperkuat tulang punggung jaringan broadband nasional.
- Operator telekomunikasi kembali berunding dengan PT Pratama Jaringan Nusantara (PJN) untuk menjalankan Sistem Kliring Trafik Telekomunikasi (SKTT) sesuai diamanatkan oleh pemerintah.
- Industri telekomunikasi berkembang sangat pesat di Indonesia, khususnya dalam lima tahun terakhir. Apabila di rata-rata, nilai bisnis industri tersebut dalam lima tahun terakhir mencapai Rp80 triliun setiap tahunnya.
- Regulator mempersilakan operator telekomunikasi untuk mengajukan spektrum frekuensi untuk menyelenggarakan layanan telekomunikasi seperti Research in Motion (RIM).
- PT First Media Tbk mengumumkan penyelesaian transaksi penjualan saham sebesar 49% di PT Link Net, anak perusahaan yang bergerak di bidang Internet pita lebar, kabel, dan komunikasi data kepada kelompok CVC.
- Pemerintah memastikan belum akan memberikan alokasi frekuensi kanal 3G ketiga bagi Telkomsel dan XL dalam waktu dekat, menyusul langkah penataan bandwidth di frekuensi 2,1 GHz yang tengah dikerjakan.
- Vendor WiMax lokal menjerit terkait dengan kebijakan teknologi netral di pita 2,3 GHz karena investasinya yang besar di 16d jadi sia-sia.
- PT Axis Telekom Indonesia mengklaim pihaknya serius membangun seluler generasi ketiga (3G), terbukti layanan data sudah memberikan kontribusi hingga 35% dari total omzet.

Agustus
- Kemenkominfo tetapkan teknologi netral untuk akses Internet pita lebar (broadband wireless access) di pita 2,3 GHz dan akan menyesuaikan harga frekuensinya.
- Kemenkominfo minta aksi akuisisi yang dilakukan kelompok usaha Bakrie, melalui salah satu perusahaannya, Capital Manager Asia (CMA) terhadap Reka Jasa Akses (Reja) dilaporkan ke instansi teknis karena terkait dengan frekuensi yang dikelola di 3,3 GHz sebesar 12,5 MHz.
- Tiga operator yang menjadi penguasa pasar telekomunikasi Indonesia telah mengumumkan kinerja keuangannya selama semester I 2011 dan menunjukkan kinerja yang lambat. Diduga karena pasar telekomunikasi sudah jenuh.
- Smart Telecom mendesak untuk diperlakukan secara adil, menanggapi pernyataan pemerintah terkait konflik tunggakan biaya hak penggunaan (BHP) frekuensi yang belakangan mengarah pada kemungkinan pergeseran frekuensi yang digunakan.
- Vendor dan operator WiMax dinilai sudah siap mengimplementasikan WiMax 16e, termasuk pemenuhan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) sebesar 40% untuk base station dan 30% untuk CPE.
- PT Telkom Tbk mendesak pemerintah untuk menggelar tender ulang WiMax untuk standar 16e agar tidak menyalahi dokumen tender sebelumnya.
- Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia memperkirakan implementasi WiMax berstandar teknologi terbuka akan mampu melayani 23 juta pelanggan dengan nilai bisnis sekitar Rp5,75 triliun dalam setahun dan menargetkan komersialisasinya pada awal 2012.

September
- Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI) mengakui belum adanya service level agreement antara operator dengan Research in Motion, produsen BlackBerry.
- Sejumlah kalangan dari pelaku industri telekomunikasi berharap kedudukan BRTI yang baru nanti akan lebih independent dengan personal yang memiliki kompetensi dan integritas tinggi.
- 12 Calon anggota Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) sudah mengembalikan formulir ke Kementerian Komunikasi dan Informatika.
- Kementerian Komunikasi dan Informatika menolak dianggap mempersulit masuknya investasi, yaitu pembangunan pabrik BlackBerry oleh Research in Motion.
- Operator telekomunikasi menolak wacana penarikan pajak sebesar 5% dari pendapatan kotornya karena sangat memberatkan.
- Munculnya seruan agar Panitia seleksi anggota Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) sebaiknya dari kalangan independen di luar pegawai negeri sipil (PNS) tetapi telah teruji integritasnya.

Oktober
- PT Telkomsel membantah kinerjanya menurun dan mengklaim kinerjanya sepanjang semester I/2011 sudah bagus sesuai dengan kondisi industri telekomunikasi nasional secara keseluruhan.
- Di tengah maraknya komplain konsumen mengenai pemotongan pulsa telekomunikasi, Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) mencanangkan bulan ini sebagai bulan pengaduan konsumen.
- Pemerintah tetap diimbau untuk mengakomodasi masuknya teknologi generasi keempat (4G) Long Term Evolution (LTE), bersamaan dengan proses legalisasi penerapan teknologi netral yang akan diselesaikan awal bulan ini.
- Menteri Koordinator bidang Perekonomian mengungkapkan Resarch in Motion (RIM) perusahaan pengembang ponsel cerdas Blackberry berminat mengembangkan investasi bidang konten dan aplikasi di Indonesia.
- Mulai terkuak kasus pencurian pulsa oleh CP dan operator telekomunikasi.
- Steve Jobs, pendiri Apple, meninggal dunia.
- Industri penyedia konten yang memiliki nilai bisnis hingga Rp4,8 triliun per tahun, meresahkan isu penyedotan pulsa karena membuat bisnisnya meredup seiring dengan pemberlakuan persyaratan yang berat dari operator.
- Jaringan BlackBerry dunia terganggu, tapi jaringan di Indonesia diklaim tetap aman dan tidak terimbas gangguan.
- Pemerintah tetap akan memberikan sebanyak 2 kanal 3G di frekuensi 2,1 GHz bagi semua operator penyelenggara teknologi itu, guna menjamin persaingan usaha yang sehat dalam aktivitas industri.
- CP-CP menjerit atas SE BRTI yang menyetop sementara layanan SMS Broadcast dan premium dan meminta CP menghapus database pelanggan.
- Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) mengevaluasi pola penawaran konten melalui pop screen dan penyimpangan praktik mobile advertising di lapangan.
- Adanya seruan agar tidak hanya CP yang dikenai sanksi penyedotan pulsa, operator juga.
- Panja Mafia Pulsa DPR mulai terbentuk.
- Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) akan memanggil content provider Mobilink yang diduga melakukan penyedotan pulsa pada vote untuk Komodo.

November
- Desakan agar Telkomsel menggeser kanal 3G nya menguat.
- Komisi I DPR akan menyelidiki dugaan permainan dalam anggaran Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) untuk pengadaan perangkat Internet kecanatan dan universal service obligation (USO)

Desember
- BRTI tetapkan SMS interkoneksi cost based
- Nasib domain .id diujung tanduk
- Penataan frekuensi 3G selesai, Telkomsel tak jadi digeser kanalnya.

http://www.bisnis.com/articles/kilas-balik-telekomunikasi-2011-mulai-dari-steve-jobs-hingga-nasib-domain-id

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Andalas.net Jombang | Bloggerized by Pröfęsör Muåmår Abdûh